Trip Belitong – day1

Hari untuk kami berangkat berlibur akhirnya tiba juga. Berhubung kami mendapatkan jam penerbangan yang cukup siang, maka jam 09.00 pagi pun kami baru keluar dari rumah menuju bandara. Tapi, tetep yaaa…. Sampai bandara pun sudah tergolong mepet banget, jam 10.30 (tepat 1 jam sebelum waktu boarding) kami baru tiba di Bandara Soekarno Hatta. Awalnya aku sempat berkeinginan untuk bisa breakfast dulu disana,.. Tapi apa mau dikata, ternyata sampai di sana pun sudah mepet banget. Akhirnya cukup beli snack di KFC dan buru2 lah kami check in.

Proses check in cukup cepat dan tidak berkendala sedikitpun, sempat beli makanan lagi sepanjang perjalanan menuju ruang tunggu dan ternyata memang betul, tidak lama setelah kami menunggu waktu boarding pun tiba. Perjalanan yang kami tempuh di udara hanya memakan waktu kurang dari 1 jam saja. Perasaan baru saja merem karena terkantuk-kantuk tetiba sudah ada panggilan “Cabin Crew, Prepare for landing……” Hehehehhee,… kata2 ini yang selalu diingat dan ditirukan oleh Qnan.

Perasaan bahagiaaaaaa banget begitu bisa menginjakkan kaki di tanah Belitong. Sudah membayangkan betapa indahnya laut dan pemandangan alam Belitong. Apalagi ditambah siang itu begitu terik,,…… Kamipun berpikir pasti hari hari kami di Belitong akan secerah hati kami bertiga ❤ ❤ ❤ ihiiiiks,….

Setiba di Bandara Tanjung Pandan pun kami sudah dijemput oleh tour guide kami “Bang Echa” dialah yang akan membawa kami keliling Belitong sampai dengan hari Minggu nanti saat kami kembali ke Jakarta. Pertama kali yang kami tuju, apalagi kalo bukan makan siang karena kebetulan waktu sudah menunjukkan pukul setengah 2 siang dan perut jelas sudah terasa sangat lapar. Mie Atep adalah tujuan kami pertama, sudah membayangkan nikmatnya mie khas Belitong ini yang segar dan menggoda. Ditambahkan dengan minuman segar ‘jeruk kunci’ khas Belitong yang juga sangat menggoda. Oya, di tempat ini juga aku dan Qnan baru merasakan Ketam Isi (kepiting yang diambil dagingya, dibumbui dan dimasukkan kembali ke cangkang kepitingnya) Ish,….Ish,… Ish,… rasanya endesssss bangget!! Saking crunchy-nya cangkang kepiting itu, awalnya aku makan secangkang-cangkangnya! Wakakakkakkaakkk………… Tapi lama2 langsung sadar diri, kok si pelayan di restaurant itu menatap aku dengan aneh. Rupanya, caraku makan Ketam isi yang aneh!! 😀

Selesai makan, kamipun langsung meluncur ke hotel untuk check in. Hotel yang kami pilih adalah MaxOne Hotels at Belstar Belitung. Waw,..rupanya lokasi hotel termasuk tengah kota, tidak terlalu jauh dari pusat kota Tanjung Pandan dan itu sangat mengasyikkan.Cuaca kota Tanjung Pandan mulai meredup, sepertinya hujan akan segera turun. Hiksss,… Qnan mulai panik karena takut tidak bisa melanjutkan jalan-jalan sore nanti 🙂 Maklum lah, saking bahagianya dia, jadi pengennya segera jalan-jalan, jalan -jalan dan jalan-jalan…

Akhirnya hujan pun benar-benar turun dengan cukup deras begitu  kami memasuki kamar hotel, dilanjut shalat, istirahat leyeh-leyeh sebentar sambil menunggu hujan mereda dan akhirnya kamipun memanggil kembali Bang Echa untuk jemput kami jalan-jalan sore ini. Waktu menunjukkan pkl 16.00 saat kami keluar hotel dan hujanpun sudah berhenti. Tujuan kami adalah Tanjung Pendam sampai dengan matahari terbenam nanti, tapi sayangnya moment sun set tersebut tidak kami dapatkan karena cuaca yang masih mendung.

1478176477401

Memutuskan untuk meninggalkan Tanjung Pendam, bergeser untuk wisata kuliner. Yippieeeeee….. ini yang ditunggu-tunggu selalu disetiap acara jalan-jalan kami. Berhubung kota Tanjung Pandan (mungkin lebih tepatnya pulau Belitong) ini banyak kedai kopi dan ada satu tempat ngopi yang katanya sih ngehitz banget. Iya, namanya Kedai Kopi Tong Dji. Tidak perlu berpikir panjang dan lama, mas Bayu dan aku langsung oke begitu diajak Bang Echa untuk ngopi2 dulu…. Kecuali Qnan yang agak tidak bahagia (hahahhhaaa..) karena yang terbayang dibenaknya adalah ibu dan ayahnya ngopi dan dia harus bengong. Begitu tiba di lokasi, kamipun langsung WoW!! Tempatnya tidak terlalu bagus, tapi justru sangat ‘authentic’. Sebetulnya Kedai Kopi Tong Dji ini sudah dijual secara franchise oleh pemiliknya, dan mereka rata-rata membangun dengan tempat yang jauh lebih bagus dan kekinian. Tapi justru bagi kami,  tempat yang asli begini yang sangat berseni dengan duduk menghadap jalan, bangku dan meja kayu yang sangat sederhana tapi tetap saja nyaman. Pantas saja (menurut cerita Bang Echa), orang betah berlama-lama nongkrong untuk ngobrol dan minum kopi di kedai ini. Selain memang seperti sudah budayanya orang Belitong, kedai kopi adalah tempat mereka bertukar informasi. Oiya, akhirnya Qnan pun bisa ikut menikmati segelas es susu coklat yang cukup enak 🙂

1478176457981

Selepas waktu Maghrib kamipun mulai bergeser untuk mencari tempat makan malam yang lagi-lagi harus khasnya kota ini. Pilihan pun jatuh ke Rumah Makan “Belitong Timpo Duluk” Lagi lagi kami dibuatnya WoW!! Tempatnya asli banget bekas rumah tinggal dengan diisi oleh berbagai macam koleksi barang-barang tempo dulu yang lucu-lucu. Begitu masuk tempat ini, langsung pesan makan ‘Dulang Set’ jadi di menu ini sudah lengkap ada beberapa jenis lauk pauk dan sayurnya untuk porsi kami ber-3 dan yang pasti menu yang wajib coba yaitu Ikan Gangan sudah termasuk ada di dalam menu ini. Sambil menunggu makanan selesai disiapkan, kamipun berfoto-foto sepuasnya. Tempatnya sangat ‘Instagramable’ 🙂 Cantik sekali untuk yang suka berfoto dengan suasana tempo dulu.

1478176458172

Selesai santap makan malam kamipun memutuskan untuk menyudahi acara jalan-jalan kami hari ini. Badan sudah mulai terasa lelah, tapi perut kenyang dan hati bahagia, jadilah kami ingin segera kembali ke hotel dan istirahaaaatttt. Eh, tapi kenyataanya begitu kami tiba di hotel, Qnan masih minta untuk berenang dulu. Hahahhaaa, yo wes lah, silahkan berenang Qnan… Ibu  dan ayah pun leyeh-leyeh menunggumu di pinggir kolam.

Malam pun sudah menunjukkan pukul 21.00 dan kami memang sudah harus betul-betul istirahat. Karena besok pagi kami janjian dijemput Bang Echa jam 9 pagi dan tujuan kami adalah Belitung Timur. See you!!!