Holiday = Budget

Suatu saat terpikir untuk berlibur bersama suami dan anak,.. setelah berdiskusi dgn suami kira2 tujuan mana yang tepat untuk berlibur bersama Qnan yang saat ini berumur 4 tahun. Awalnya kami ingin ke Bali, dengan alasan banyak yang bisa kami ajarkan ke Qnan kalo kami ke sana. Namun setelah dihitung2 biayanya,..ternyata jauh melampui budget yang sudah kami siapkan!! 😦 Akhirnya kembali aku harus cari informasi mengenai tujuan berlibur yang paling pas bagi kami yang punya anak balita, dan dengan tujuan liburan tidak hanya sekedar liburan saja tapi harus ada unsur ‘edukasi’nya buat Qnan.

Aku selalu mencari cari informasi sendiri, tanpa bantuan suami (karena suami full trust me, untuk urusan semacam ini) 🙂 Mulai dari Googling, baca buku, cari referensi dari teman, pokoknya apa saja yang bisa aku kumpulkan sebagai referensi…

Akhirnya, setelah perjalanan panjang mencari2 informasi… aku memutuskan untuk kami pindah haluan saja, dari liburan domestik ke liburan international (walopun international nya cuma tetangga saja :)) kami memutuskan untuk liburan ke Singapore, yg ternyata setelah dihitung2 sangat sesuai dengan budget yang sudah kami siapkan sebelumnya. Diawali dengan mencari ticket pesawat yang murah sampai dengan mencari tempat menginap yang strategis, aman, bersih dan tentu saja murah………

Ticket pesawat yang murah, tentu saja kami dapatkan dari Air Asia.. walopun masih banyak pilihan lain seperti Tiger atopun Jetstar, tapi harga yang paling pas untuk tgl yang kami butuhkan saat itu kami dapatkan dari Air Asia. Tergolong waktu yang mepet antara tgl pemesanan sampai dengan tgl keberangkatan kami. Hanya 2 minggu saja!! Saat itu kami mendapatkan ticket return dengan harga 3.5 juta lebih dikit untuk kami bertiga.. Yah, cukup ekonomis lah untuk pemesanan yang sangat mendadak… dan yang penting, kami pun mendapatkan jam penerbangan yang cukup baik, lagi2 karena kami membawa Qnan!

Untuk urusan dimana kami menginap, setelah browsing kemana2 kami memutuskan untuk menginap di hostel saja. Tujuan kami ke Sing pun karena ingin jalan2, bukan leyeh di hotel.. Jadi gak ada salahnya kalo kami pun bukan mencari hotel mewah, yang kami cari adalah tempat yang bisa buat menampung kami tidur dengan nyaman dan aman,… Just a simple reason!! Kami mendapatkan hostel di daerah Bugis, namanya ABC Backpackers hostel (nah, udah ketauan kan dari namanya..) dengan tarif  private room with attached bathroom 95$ SGD. Kalo dibilang gak terlalu murah memang seperti itu lah adanya, di Singapore jangan harap bisa mendapatkan harga hotel yang murah.

Aku selalu membiasakan diri untuk membuat Itinerary. Dengan harapan, jangan sampai setibanya kami disana waktu hanya dihabiskan untuk bengang bengong karena gak tau apa yang harus kami lakukan, atopun kebingungan dengan pengeluaran yang ternyata tdk sesuai dengan budget yang sudah disiapkan. Isi dari Itinerary itu, terdiri dari tujuan kami disana, biaya yang diperlukan untuk tujuan kami bermain, biaya transport selama disana, sampai dengan perkiraan biaya makan kami selama disana.

Contoh Itinerary yang pernah aku buat sebelumnya; (sangat sederhana namun sangat membantu)

ITINERARY
DATE TIME DESTINATION TRANSPORT COST
18-Apr 10 – 12 Hostel MRT Tanah Merah –> Bugis
14 – 17 Little India MRT Little India
18 – 20 Sentosa (Siloso beach) MRT Harbour Front –> Sentosa Express
China Town Complex Food Centre MRT China Town
19-Apr 8 – 12 Jurong Bird Park MRT Boon Lay –> Bus SBS transit no.194 / 251 Ticket 45$, Panorail 12.5$
13 – 15 Science Centre Road MRT Jurong East, dilanjut naik bus 335 Ticket 15$
Snow City Ticket 36$
16 – 18 Hostel
19 – 20 Boat Quay MRT Raffles –> exit H
21 – 23 Lau Pa Sat MRT Raffles –> exit F
20-Apr 8 – 10 Bugis Street
11 – 14 Merlion Park MRT Raffles
15 – 17 Hostel
18 – 21 Mustafa Center MRT Farrer Park -> exit G

Leave a comment